Alamat

Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Email

Farmasi.fik@unugiri.ac.id

 

Dampingi 2 Kelompok PKM yang Lolos Nasional, Dosen Farmasi UNUGIRI Berkesempatan Mengikuti Training of Trainer (ToT) Dosen Pendamping PKM 2024

Senin, 19 Februari 2024 melalui media zoom meeting dilaksanakan kegiatan Training of Trainer (ToT) dosen pendamping PKM 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan yang dijadwalkan mulai pukul 09.00-16.00 ini direncanakan akan dihadiri 861 dosen pendamping PKM 2023 dari seluruh PTN dan PTS di wilayah Indonesia. Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas dosen pendamping PKM yang berperan aktif mendampingi mahasiswa dalam pencarian dan penyusunan ide serta gagasan, penyusunan proposal, pelaksanaan kegiatan, penyusunan laporan kemajuan, dan penyusunan laporan akhir kegiatan PKM diikuti oleh peserta yang memenuhi persyaratan seperti merupakan dosen pendamping PKM tahun 2023 yang telah mololoskan minimal 2 (dua) judul ke pendanaan dan/atau insentif, tidak terlibat sebagai reviewer PKM nasional dalam dalam 3 tahun terakhir (2021 s.d 2023) dan nantinya, sebanyak 100 peserta dengan nilai test terbaik berkesempatan mengikuti Bimtek calon reviewer PKM tahun 2024.

Kegiatan ToT dimulai tepat pukul 09.00 dengan sambutan dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ibu Sri Suning Kusumawardani dan dilanjutkan pemaparan materi tentang teknis pelaksanaan, penjelasan pedoman umum PKM 2024, integritas Reviewer dan evaluasi tahap 1 & 2. Peserta ToT yang hadir merupakan dosen pendamping calon reviewer 2024 sehingga sebelum dilaksanakan test, diberikan materi yang berhubungan dengan tugas reviewer. Proses review oleh reviewer akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap 1 terkait penilaian administrasi dan tahap 2 terkait penilaian substansi.
”Reviewer berkualitas menentukan kualitas PKM”ungkap Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.Rur.Sc. Untuk itu, selain mengerti terkait cara penilaian, calon reviewer juga akan dibekali terkait etika dan integritas saat menjadi reviewer.

Pada tahun 2023, proposal valid sebesar 40ribuan dan didanai sebesar 5ribuan proposal. Proposal mahasiswa Farmasi UNUGIRI mengambil bagian dalam 1 judul PKM Pendanaan dan 1 judul PKM Insentif. Terkait dengan PKM Insentif, khususnya PKM AI, mahasiswa program studi Farmasi merupakan satu-satunya peraih PKM Insentif di Kabupaten Bojonegoro. Proposal yang administrasi telah baik, akan dilanjutkan penilaian substansial oleh reviewer. Hasil penilaian substansial inilah yang nantinya menentukan judul proposal mendapatkan pendanaan dan/atau insentif. Pada kegiatan ToT juga dilaksanakan simulasi penilaian proposal oleh peserta yang hadir dan dilanjutkan diskusi terkait teknis penilaian proposal yang telah dilaksanakan tadi. Acara diakhiri dengan tes yang harus dikerjakan oleh peserta atau calon reviewer. Nilai tes nantinya akan menentukan peserta yang hadir untuk menjadi calon reviewer PKM 2024.

Penulis : Romadhiyana Kisno Saputri
Upload : Luluk Ul Magnun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *